Thursday, June 9, 2011

Kawan, Roda Itu Sedang Berputar

Kehidupan itu seperti roda yang berputar dan manusia punya jatah masing-masing kapan ia berada di atas, kapan ia berada di bawah. Bukanlah takdir manusia ia menjadi seorang yang terpuruk karena sebenarnya kita sudah diberi pilihan. Namun sayangnya, kita tidak melihat hal tersebut. Menjadi seorang yang berada di bawah bukanlah sebuah hal yang memalukan. Justru dengan begitu, kita harus tunjukkan bahwa kita mampu berada di atas dan kita layak akan itu. Pengalaman itulah yang menjadi pembelajaran hidup, diambil hikmahnya kemudian kita ceritakan kepada orang lain, agar orang tersebut tidak melakukan apa yang pernah kita lakukan.

Pengalaman hidup seperti itulah yang sedang ku jalani sekarang ini. Aku sedang diberi ujian agar aku menjadi orang yang kuat. Baik fisik maupun mental. Dulu aku pernah berada di atas, tapi kemudian roda kehidupanku mulai berputar ke bawah. Menyedihkan memang. Sangat. Tapi dengan begitu aku bisa merasakan perasaan orang ketika mereka berada di bawah.

Roda itu berputar untuk manusia. Seluruhnya, tanpa terkecuali selama ia hidup. Banyak orang yang mengeluhkan betapa hidup kadang tidak adil. Ia mengeluhkan mengapa ia selalu berada di bawah. Mengeluh bukanlah cara yang tepat untuk itu, malah hanya membuat kita menjadi makin tidak layak untuk dapat berada di puncak. Karena ia tidak berusaha memikirkan dan melakukan seperti layaknya seorang di puncak.

Tuhanlah yang mengatur kapan kita dapat bagian di puncak, tapi kita jugalah yang harus berusaha untuk bisa di atas. Berada di puncak juga merupakan ujian tersendiri. Ujian yang mungkin bisa membuat kita malas untuk memandang ke bawah. Ujian yang mungkin bisa membuat kita menjadi tidak pantas untuk menjadi yang di atas.

Ayolah, kawan, bersama-sama kita menyamakan cara pandang kita. Tentang bagaimana kita memandang hidup ini, rezeki yang telah diberikan maupun amanah. Bersama, kita harus menjadi orang yang layak untuk berada di puncak. Bukankah kita berasal dari akar yang sama?

No comments:

Post a Comment